Ingin Memiliki Barangan di Blog Mistikism?

Saya ada menerima tempahan untuk barangan yang tertera di blog Mistikism ini. Jika anda berhasrat untuk memilikinya dalam bentuk cincin, loket, etc. Permaharan boleh dibuat melalui email kepada saya di bawah.

Jika ada sebarang pertanyaan tentang apa yang tertera di blog ini, hubungi saya di
- mistikism@yahoo.com (Fad)

Sunday, October 2, 2011

Akar Bahar Naga


Yang tertera di atas adalah kayu ukiran berbentuk Naga..  Diperbuat dari kayu Akar Bahar Putih.. Kelebihan yang terletak pada kayu ini adalah untuk memuntahkan racun yang termakan orang, misalnya terkena racun ikan, rajungan, kepiting, dan jenis ikan laut lain lain. Orang yang dihinggap penyakit encok (rheumatik) jika memakai gelang atau kalung akar bahar boleh sembuh, sebab katanya akar bahar ini mengangung radium.

Orang yang gemar memakai gelang akar bahar, kebanyakan kaum lelaki, terutama kaum nelayan dan orang orang Galela, Jalolo, Miscol, Guam, Banda dan Ambon. Demikian pula orang orang Bugis, Mandar, Sula, Madura dan orang orang Lamor memakai gelang akar bahar berwarna hitam. Kata mereka, memakai gelang itu dapat menolak guna-guna jahat. Dalam mencari nafkah hidup sehari-hari lebih senang, tahan uji dan kuat menahan godaan.